Fitur Rahasia di Windows 10 Yang Belum di Ketahui

TeknoCom - Windows 10 adalah versi terbaik dari sistem operasi Microsoft Windows saat ini yang dirilis pada tanggal 29 Juli 2015. Sistem ini dibangun di atas kernel Windows NT dan Windows 8.

Bagian dari alasan Microsoft memutuskan untuk menamai rilis pada 2015 dengan nama “Windows 10” (dan melewatkan “Windows 9”) adalah karena sistem operasi ini dirancang untuk menjadi arah baru bagi Microsoft. Salah satu tujuan utama dari Windows 10 adalah untuk menyatukan pengalaman menggunakan Windows di beberapa perangkat, seperti komputer desktop, tablet, dan smartphone. Sebagai bagian dari upaya ini, Microsoft mengembangkan Windows 10 Mobile bersama Windows 10 untuk menggantikan Windows Phone, OS mobile Microsoft sebelumnya. Windows 10 juga mengintegrasikan layanan Microsoft lainnya, seperti Xbox Live dan Cortana voice recognition assistant.Sementara Windows 10 memiliki banyak fitur baru, diantaranya kembalinya Start Menu yang dijatuhkan pada Windows 8. Start Menu baru ini lebih ditingkatkan dengan tampilan yang cantik dan menyediakan akses cepat ke pengaturan, folder, dan program-program. Bagian bawah Start Menu Windows 10 mempunyai fungsi bar pencarian yang memungkinkan Anda untuk mencari berbagai file dan informasi di PC Anda dan web secara online.

Perubahan besar lain pada Windows 10 adalah pengenalan “Edge” web browser, yang dirancang untuk menggantikan Internet Explorer (IE). Namun Browser Internet Explorer (IE) masih ada di dalamnya. “Edge” merupakan default browser pada Windows 10. Fitur baru lainnya termasuk Continuum, yang secara otomatis mengoptimalkan antarmuka pengguna tergantung pada apakah Anda menggunakan keyboard eksternal atau touchscreen, dan Windows Store yang mirip dengan Pemberitahuan bar di OS X. Windows 10 juga mendukung beberapa desktop pada monitor tunggal dan menyediakan Snap Assist, fitur yang membantu mengatur jendela di layar.

Salah satu perbedaan terbesar antara Windows 10 dan rilis sebelumnya dari Windows adalah bahwa Windows 10 upgrade tersedia gratis untuk pengguna Windows 7 dan Windows 8 selama satu tahun. Namun, Microsoft masih mengenakan biaya lisensi untuk salinan Windows 10 yang diinstal di komputer baru dan untuk pembelian non-upgrade. Versi lengkap dari Windows 10 Home berharga $120 dan Windows 10 Pro mempunyai harga $200.

Sebelum saya menjelaskan Fitur Rahasia di Windows 10 yang masih tersembunyi, ada baiknya saya menjelaskan Fitur Canggih terbaru yang di terapkan di Windows 10

Fitur Canggih terbaru yang di terapkan di Windows 10

 1. Cortana


Cortana merupakan asisten digital pribadi yang sebelumnya eksklusif terdapat pada perangkat mobile milik Microsoft, Windows Phone. Namun kini, para pengguna PC dan tablet dapat menggunakan fitur ini langsung pada taskbar sistem operasi mereka.

Selain tombol Start Menu yang kembali hadir, Anda akan mendapatkan sebuah kolom pencarian yang terintegrasi langsung dengan Cortana. Di dalamnya, Anda dapat melakukan pencarian internet menggunakan Bing, mencari file di dalam hard drive Anda, atau menyimpan janji pertemuan pada aplikasi kalender yang Anda miliki. Anda juga dapat mengirim email dan meminta Cortana agar membacakan email tersebut.

2. PC Di Dalam Smartphone Anda
 

Ketika Windows 8 memisahkan sistem operasi antara desktop dan mobile, Windows 10 menembus batas tersebut ketika sistem operasi ini, selain bisa digunakan pada desktop dan tablet, juga bisa di-install pada smartphone! Microsoft mendesain sebuah versi Windows 10 untuk perangkat smartphone yang mempunyai layar berukuran kurang dari 8 inci.

Ditambah dengan fitur Universal Apps, kini kehidupan mobile dan desktop Anda akan semakin menyatu dan hal ini tentunya akan berimbas pada produktivitas yang semakin meningkat. Satu aplikasi kini bisa Anda gunakan pada tiga perangkat berbeda – PC, tablet, dan smartphone.

3. Project Spartan


Internet Explorer sudah menemani Windows sejak pertama kali sistem operasi ini muncul. Namun kini, nampaknya Microsoft memutuskan untuk membuang browser tersebut dan membuat sebuah proyek baru yang dirancang dari nol. Kemungkinan besar hal ini dikarenakan brand Internet Explorer yang sudah buruk di mata para netizen.

Browser ini memiliki tampilan yang bersih, serupa dengan browser dari Google, Chrome. Nantinya, Anda dapat masuk ke dalam mode note-taking yang memungkinkan anotasi pada webpage yang sedang Anda kunjungi. Spartan juga dapat bertindak sebagai sebuah aplikasi reader, karena browser ini akan langsung terintegrasi dengan fitur Reading Mode yang sudah ada sejak Windows 8. Dengan mode ini, meskipun Anda sedang tidak tersambung ke internet, Anda dapat tetap membaca konten sebuah website.


4. Notification Center

Anda menyukai fitur pusat notifikasi yang biasa terdapat pada perangkat mobile? Anda akan menyukai fitur Notification Center dari Windows 10 ini. Dengan melakukan swipe dari sisi kanan layar (pada perangkat touchscreen), Anda akan masuk ke dalam sebuah hub yang berisi semua notifikasi Anda. Fitur ini serupa dengan fitur Notification Center yang terdapat pada sistem operasi OS X dari Apple.

Di dalam Notification Center ini juga, Anda dapat mengakses beberapa pengaturan seperti menyalakan dan mematikan wifi, atau lain sebagainya. Jika Anda terbiasa menggunakan Android dan menikmati fitur Quick Settings yang ada di dalam bar notifikasi, Anda akan menyukai fitur ini.

Windows 10 memasukkan sebuah aplikasi yang akan memberi Anda fitur-fitur yang ada di dalam Xbox One. Dengannya, Anda dapat mengirim dan membalas pesan melalui Xbox Live, dan melihat informasi-informasi Xbox lainnya.

Selain itu, Anda dapat melakukan stream game yang dimiliki di dalam Xbox langsung pada layar PC yang Anda miliki. Untuk dapat melakukan hal ini, Xbox dan PC yang Anda miliki harus berada dalam satu jaringan yang sama.

5. PC XBOX

 
Windows 10 memasukkan sebuah aplikasi yang akan memberi Anda fitur-fitur yang ada di dalam Xbox One. Dengannya, Anda dapat mengirim dan membalas pesan melalui Xbox Live, dan melihat informasi-informasi Xbox lainnya.

Selain itu, Anda dapat melakukan stream game yang dimiliki di dalam Xbox langsung pada layar PC yang Anda miliki. Untuk dapat melakukan hal ini, Xbox dan PC yang Anda miliki harus berada dalam satu jaringan yang sama.

5. Windows Holographic


Anda pernah menonton film Minority Report dimana Tom Cruise yang berperan sebagai seorang polisi masa depan mengoperasikan sebuah komputer pintar dengan menggunakan sebuah layar besar dan gerakan tangan? Well, hal tersebut mungkin akan segera menjadi kenyataan.

Dengan bantuan sebuah alat khusus berupa headset, Anda dapat mengoperasikan Windows 10 menggunakan gerakan tangan berkat teknologi augmented reality. Fitur ini merupakan hasil kerja sama Microsoft dengan sebuah developer aplikasi bernama HoloStudio.


Dan akhirnya tiba pada pembahasan utama, saya akan membagikan fitur-fitur apa saja yang masih kebanyakan pengguna Windows 10 belum mengetahuinya,, yah bisa di bilang ini Fitur Rahasia Yang ada Di Windows 10, langsung saja ini dia Fitur Rahasia di Windows 10

Fitur Rahasia di Windows 10 

 1. Background Scroll

Background scrolling adalah fitur dimana Microsoft akan menerapkannya di Windows 8, tapi sayang itu tidak mereka lakukan. Pada versi Windows sebelum-sebelumnya, kamu hanya bisa melakukan scroll saat Window aktif saja. Sekarang kamu bisa scroll Window bahkan jika Window itu tidak aktif.


Pada Windows 10 ada pengaturan dimana kamu bisa melakukan scroll pada Window yang tidak aktif. Pergi ke Settings, pilih Devices dan klik Mouse & touchpad. Disini kamu akan melihat pengaturan “Scroll inactive windows when I hover over them.”

2. Permonitor Dapat Diubah Ukurannya



Sekarang kita bisa menikmati monitor dengan resolusi tinggi 1440p, sedangkan monitor 4K saat ini harganya sudah terjangkau. Pada keadaan tertentu, khususnya monitor 4K, kamu harus mengatur display scalling sehingga teks masih bisa dibaca dengan nyaman pada jarak pandang tertentu. Di versi Windows sebelumnya, kamu bisa mengaktifkan satu scaling level untuk semua monitor, yang tentu akan mengganggu jika kamu memiliki banyak monitor dengan resolusi berbeda.

Beruntung Microsoft menyadari kelemahan ini di Windows 10 dengan memperbarui pengaturan scalling. Pada Windows 10, pengaturan display scalling bisa kamu ubah pada setiap monitor. Jadi jika kamu menggunakan dua monitor, 4K dan 1080p, ini akan mempermudah kamu dalam mengatur tampilan dua monitor.

Kemampuan untuk mengatur display scalling terpisah untuk setiap monitor juga berguna jika kamu menghubungkan layar laptop ke device external. Windows 10 bisa mempertahankan untuk tampilan laptop dan juga untuk tampilan device external.

3. Storage Sense

Storage Sense adalah salah satu fitur yang paling terlihat di Windows 10, berasalan dari platform mobile Microsoft. Fitur ini bisa menganalisa file di hardisk kamu, menampilkan berapa banyak space yang telah kamu gunakan dan sisa dari space hardisk kamu. Diolah lagi dengan dibagi menjadi beberapa kategori. Selain itu Storage sense juga bisa membaca drive external yang terpasang melalui USB.

Melihat Storage Sense dalam beberapa saat adalah cara yang bagus untuk mengelolah file pada drive kamu. Cara ini akan mempermudah kamu untuk membersihkan file yang tidak dibutuhkan, memberitahukan berapa banyak space hardisk ditempati oleh masing-masing aplikasi, game, music, videos, pictures dan documents yang diinstall ke dalam sistem.

 4. Command Prompt dengan Perombakan Besarnya



Command Prompt memang fitur Windows yang jarang digunakan oleh semua orang, tapi Microsoft saat ini melakukan perombakan besar. Windows 10 membawa perubahan besar, membawa perbaikan yang mempermudah user untuk memasukan dan mengedit command.

Jika kamu melakukan disable pada legacy console di Command Prompt, maka kamu bisa mengakses fitur baru seperti dukungan copy paste pada clipboard, line wrapping untuk mempermudah membaca command, mempermudah ukuran window, dan bahkan kemampuan untuk membuat window Command Prompt terlihat transparan.

 5.  Ada Tracpad Gesture yang Baru


Menurut Sejarah, Mac OS X memiliki dukungan trackpad yang lebih baik dari Windows, tapi dengan adanya Windows 10 ada upaya dari Microsoft meningkatkan kemampuan ini bagi pengguna laptop. Jadi dukungan trackpad saat ini sudah lebih baik dari sebelumnya, termasuk adanya beberapa gesture dan fungsi baru.

Windows 10 mendukung trackpad gesture yang sebelumnya mungkin sudah kamu gunakan, seperti; pinch-to-zoom, two-finger scrolling, dan two-finger tap to right click. Tapi beberapa gesture baru terbaik dirancang untuk power user dan multi-tasking. Three-finger swiping ke atas bisa membuka Task View, sehingga dapat mempermudah kamu beralih ke desktop baru. Three-finger swiping ke kiri atau kanan membuka Alt+Tab, sementara Three-finger swiping ke bawah akan membuka desktop. Microsoft juga menambahkan trakcpad shortcut seperti; three-finger tapping untuk membuka Cortana, dan four-finger tapping untuk membuka Action Center.

 6. Mengolah Web Page di Microsoft Edge


Browser terbaru Microsoft, Edge, membawa perubahan yang besar untuk tidak sekedar upgrade dari Internet Explorer. Ada salah satu fitur keren yang membuat Edge berbeda dengan browser lainnya, kemampuan untuk mengolah web page dari dalam browser itu sendiri, kamu bisa membuat catatan berdasarkan web page dan ini adalah langkah bagus untuk pengguna device touchscreen.

Untuk mengolah web page, klik tombol Web Note di toolbar Edge. Dengan begini browser akan mengambil screenshot dari web page dan memungkinkan kamu untuk mencorat-coret, crop atau add text note ke gambar tersebut. Dengan integrasi OneDrive, menayimpan dan menyusun catatan akan menjadi lebih mudah.

7. Dukungan FLAC, MKV dan HEVC


Windows Media Player adalah salah satu media player populer dan efisien, lebih hemat baterai, dan memiliki lebih banyak suara sebagai alternatif aplikasi VLC. Karena adanya Windows 10, bagus Microsoft menambahkan dukungan format yang lebih banyak.

Penambahan format paling besar adalah dukungan Matroska (MKV), yang digunakan sebagian besar video H.264 dan dapat digunakan untuk multiple audio, video dan subtitle stream. Windows 10 juga mendukung audio FLAC untuk audio lossles, serta video compression HEVC/H.265. Dukungan HEVC juga telah ditambahkan untuk mengadopsi video 4K.

 8. Fungsi Baru Snapping Window




Salah satu fitur paling berpengaruh di Windows 7 adalah kemampuan untuk snapping window, mempermudah kamu untuk mengatur window yang terbuka. Windows 10 memiliki fungsi baru dalam hal snapping, semakin mempermudah pengguna berlayar besar.

Seiring dengan kemampuan untuk snap setengah layar, Windows 10 dapat snap window ke salah satu sudut layar, sehingga dapat dengan mudah mengatur empat sudut dengan empat window. Jika kamu memiliki monitor 4K, fitur ini jelas sangat berguna. Selain itu bagi pengguna multi monitor, kamu bisa melakukan snap ke sudut monitor mana pun.

 9. Rekam Video Dimanapun


Fitur Game DVR adalah salah satu fitur Xbox di Windows 10, berguna untuk merekam saat bermain game. Bagaimana pun, kamu bisa memanfaatkan fitur ini tidak hanya untuk bermain game saja, tapi kamu bisa merekam video untuk semua aplikasi.

Untuk melakukan ini kamu perlu membuka aplikasi Xbox dan membiarkannya tetap terbuka, kemudian pindah ke aplikasi yang ingin kamu rekam. Dari sini tekan Win+G untuk membuka Game Bar, kemudian klik “Yes, this is a game.” Setelah game bar terbuka, kamu bisa merekam video dengan mudah dengan mengklik Start Recording.

Cukup bodoh memang Windows 10 tidak bisa mengenali perbedaan antara game dan aplikasi, tapi ada beberapa saat dimana aplikasi bisa mengenalinya dan kamu tidak bisa merekamnya.

 10. DirectX 12


Mungkin fitur tersembunyi paling utama di dalam Windows 10 adalah DirectX 12. Mungkin kamu tidak akan melihat manfaat dari DirectX 12 dalam waktu dekat, tapi dalam beberapa bulan ke depan atau tahun depan, ini akan meningkatkan kinerja gaming.


Developer bisa mendapatkan lebih banyak informasi hardware dari sistem kamu, baik pada CPU dan GPU, dukungan untuk multiple GPU, lebih banyak kontrol hardware, memory pooling, dan sebagainya. Dikombinasikan dengan grafik efek baru di DirectX 12, developer dan membuat generasi terbaru game dengan memanfaatkan DX12.

DirectX 12 API hanya didukung untuk Windows 10, yang membuat platform OS terbaik untuk bermain game. Windows Display Driver Model (WDDM) versi 2.0 juga membawa driver yang meningkatkan kinerja rendering 3D di Windows 10.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »